Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Kepulauan Riau (Kepri) pada hari Rabu, 19 Februari 2020 mengadakan acara pengukuhan kepada mahasiswa peserta Relawan Pajak Tahun 2020. Acara ini berlangsung di Auditorium Kanwil DJP Kepri pada pukul 08.00 sampai dengan selesai. Peserta yang hadir tidak hanya dari kalangan mahasiswa melainkan melibatkan dosen-dosen dari beberapa perguruan tinggi di Batam. Peserta relawan tersebut bertugas untuk mendampingi wajib pajak dalam hal pengisian SPT tahunan.

Kegiatan pengukuhan ini merupakan tahun kedua pengukuhan Relawan Pajak yang dilakukan oleh Kanwil DJP Kepri. Universitas Internasional Batam (UIB) sendiri mengirim sebanyak 17 dosen pendamping lapangan dan 77 mahasiswa lintas jurusan untuk dikukuhkan sebagai Relawan Pajak tahun 2020. Setelah mengikuti proses pengukuhan, peserta relawan pajak diutus menuju KPP Pratama Batam utara.

Program Relawan Pajak 2020 dosen dan mahasiswa UIB dilakukan di KPP Pratama Batam Utara mulai tanggal 17 Februari 2020. Peserta memperoleh pengarahan dan pelatihan awal langsung dengan pihak KPP di minggu pertama. Pada tanggal 21 Februari 2020, Tim Relawan Pajak bergerak secara aktif untuk menemui para Wajib Pajak di Industri dan membuka Pojok Pajak di Grand Batam Mall sehingga akses masyarakat terhadap Relawan Pajak menjadi lebih mudah.

Para relawan diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi wajib pajak serta yang tidak kalah penting, dapat meningkatkan kesadaran wajib pajak akan kewajiban perpajakan.