Keempat Mahasiswa Program Studi Akuntansi UIB mengikuti Lomba National Essay Competition yang diadakan oleh Universitas Budi Luhur sejak tanggal 19 Juni 2019 dengan Tema “Membangun Etika dan Integritas Profesi Akuntansi di Era Digital”. Universitas Internasional Batam mengirim dua tim untuk ikut serta dalam National Essay Competition Budi Luhur yang terdiri dari Tim Cost n Benefit yang beranggotakan Merinda Wijaya (1742155) dan Mariska Ramadana (1742150) serta dari Tim AOCI yang beranggotakan Hadianto (1742091) dan Bonadea Visakha (1742079).

National Essay Competition adalah salah satu rangkaian acara BL PART 8 yang merupakan lomba karya tulis ilmiah dalam bentuk Essay untuk Mahasiswa-Mahasiswi Perguruan Tinggi se-Indonesia dengan tahap pertama yaitu pengumpulan naskah essay dan akan diseleksi 10 besar tim terbaik yang akan maju ke babak final.

Dengan perjuangan dan semangat yang dipancarkan Mahasiswa akuntansi UIB, Essay yang dibuat oleh kedua tim tersebut lolos ke babak final yang diselenggarakan di Universitas Budi Luhur, Jakarta Selatan pada tanggal 15-16 Oktober 2019. Rangkaian acara selama 2 (dua) hari di Jakarta terdiri dari Technical Meeting guna mempersiapkan babak final, Fieldtrip ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII), presentasi babak final dan yang terakhir adalah Gala Dinner. Pada hari selasa (15/10) peserta mengikuti technical meeting di pagi hari dan selanjutnya melaksanakan Fieldtrip ke TMII. Peserta Lomba NEC mengunjungi beberapa tempat di TMII, salah satu nya Teater Keong Mas yang memutarkan film mengenai cerita legenda keong mas.

Setelah jalan-jalan ke TMII, keesokan hari nya adalah hari yang menegangkan bagi kedua tim dari UIB karna mulai memasuki babak final yaitu dengan mempresentasikan naskah essay yang telah dibuat dan akan bersaing dengan universitas-universitas ternama di Indonesia yang berasal dari kota Jakarta, Bali, Surabaya, dan Surakarta.

Pada hari rabu (16/10) pagi, Tim Cost n Benefit mendapatkan nomor urut 2(dua) untuk mempresentasikan naskah essay yang berjudul “FRAUD DETECTOR: Kekuatan Ethical Culture Meminimalisir Fraud pada Perusahaan”. Selanjutnya, TIM AOCI yang mendapatkan nomor urut 3 (Tiga) yang akan mempresentasikan naskah essay yang telah dibuat dengan judul “Peran Mahasiswa Sebagai Auditor Angel dalam Penerapan Outcome Based Learning.”Kedua tim tersebut mengangkat subtema pertama yaitu “Pentingnya Meningkatkan Pencegahan Fraud di Era Digital”. Pada babak final ini dinilai oleh ketiga juri yaitu dari P2PK, KAP Heliantono & Rekan dan KAP Basyirudin & Rekan.

Hasil pengumuman pemenang National Essay Competition Budi Luhur akan diumumkan pada saat gala dinner yaitu acara makan malam bersama rekan-rekan Budi Luhur PART 8. Acara gala dinner begitu meriah diisi oleh pertunjukkan teater dan hiburan musik lainnya. Sembari menunggu pengumuman, peserta NEC disajikan jamuan makan malam yang telah dipersiapkan oleh panitia BL PART 8. Ketika pengumuman pemenang sudah tiba, para peserta NEC terlihat antusias mendengarkan pengumuman dan hasil pengumuman nya menyatakan bahwa pemenang Juara ke- 1 berasal dari Universitas Airlangga, Juara ke-2 berasal dari Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Juara ke-3 berasal dari Universitas Katolik Parahyangan. Sedangkan untuk Tim Cost n Benefit menduduki posisi ke-5 serta Tim AOCI ke-10.

Kekalahan bukanlah akhir dari peristiwa, jadikanlah kekalahan sebagai proses pembelajaran agar bisa menjadi lebih baik lagi. Walaupun kedua tim dari UIB tidak mencapai kemenangan, akan tetapi dengan terpilih nya kedua tim dari UIB kedalam 10 besar merupakan apresiasi yang patut dibanggakan Universitas Internasional Batam.