UIB Tax and Accounting Center (U-TAC) turut memeriahkan kegiatan Pajak Bertutur yang diselenggarakan oleh Kanwil DJP Kepulauan Riau pada tanggal 22 November 2019 di Hotel Raddison. Kegiatan Pajak Bertutur 2019 ini diadakan secara serentak seluruh Indonesia pada  waktu yang sama. Kegiatan ini dalam rangka mewujudkan generasi emas yang cerdas dan sadar pajak serta untuk menggaungkan program inklusi kesadaran pajak dalam pendidikan. Kegiatan ini dihadiri oleh para pemangku kepentingan pendidikan di wilayah kepulauan Riau. Turut hadir pejabat Dinas Pendidikan Kepri dan Kota Batam, Sekretaris LLDIKTI Wilayah X yaitu Bapak Yandri, A. SH., MH., Kepala Kementrian Agama Kota Batam, Para Pimpinan Perguruan Tinggi di Kepri, Ketua Ikatan Konsultan Pajak Indonesia beserta jajaran pengurus, PGRI Kepri dan Batam, Kepala Tax Center di Kepri, para Kepala Sekolah, Dosen pengampu mata kuliah dasar umum, dan Relawan pajak yang diundang. Dalam kegiatan ini, U-TAC mengikutisertakan Dekan Fakultas Ekonomi, Dosen Senior Program Sarjana Akuntansi, Ketua U-TAC, Koordinator Dosen Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU), Dosen MKDU, serta dua orang Relawan Pajak 2019.

Dalam kegiatan ini, Kepala Kanwil DJP Kepulauan Riau meghimbau Tax Center yang ada di Kepri untuk terus berpartisipasi aktif dalam meningkatkan generasi emas sadar pajak di Kepulauan Riau. Disamping itu, Beliau juga menekankan peran pendidikan baik dari tingkat sekolah maupun perguruan tinggi, terhadap peningkatan kesaran pajak di warga Indonesia khususnya Kepulauan Riau. Dekan Fakultas Ekonomi, Ibu Dr. Agustina Fitrianingrum yang mewakili Rektor Universitas Internasional Batam, menyampaikan hal-hal terkait implementasi inklusi kesadaran pajak dalam MKDU yang telah dilakukan oleh UIB sejauh ini. UIB yang ditunjuk sebagai mitra piloting inklusi kesadaran pajak di Kepri telah melakukan kegiatan inklusi pajak yang dimasukkan ke dalam mata kuliah dasar umum seperti Pancasila, Kewarganegaraan, Agama dan Bahasa Indonesia. Ibu Dekan Fakultas Ekonomi juga menyampaikan bahwa mahasiswa yang mengambil mata kuliah MKDU, sebagai contoh Pancasila, mengambil projek dengan tema perpajakan yang diimplementasikan di sekolah-sekolah melalui kegiatan penyuluhan dan pelatihan.

Kepala Kanwil DJP Kepulauan Riau juga memberikan apresiasi kepada para mahasiswa yang menjadi relawan pajak 2019. Kegiatan relawan pajak dilaksanakan dari bulan Januari hingga Maret 2019 yang melibatkan 10 Dosen dan 28 Mahasiswa dari berbagai program studi di UIB. Kegiatan ini dikoordinasikan oleh Kanwil DJP Kepulauan Riau. Kegiatan Relawan Pajak bertujuan untuk membantu para wajib pajak untuk melakukan pembayaran pajak menggunakan sistem E-Filing secara langsung selama periode pelaporan pajak.