Batam, 5 Juli 2021 Program Sarjana Akuntansi UIB dan UIB Tax & Accounting Center berkolaborasi dengan IKPI dan DJP melakukan sosialisasi kesadaran dan tanggung jawab atas perpajakan dalam bentuk Webinar dengan topik “Generasi Emas Sadar Pajak: Membangun Tanggung Jawab Sosial Sebagai Warga Negara”. Webinar ini diharapkan menjangkau civitas akademika baik dosen dan mahasiswa, mitra UIB, dan stakeholder lain dari UIB dan DJP. Webinar diikuti oleh 330 peserta berlangsung selama 2,5 jam yang dimulai pukul 14.00-16.30. Webinar dipandu oleh Ibu Sari Dewi, S.E., M.Ak. sebagai MC, serta diawali dengan sambutan dari Ibu Ing Ing Cindy Eva, S.E., BKP selaku Ketua IKPI Cabang Batam dan dilanjutkan sambutan sekaligus pembukaan acara oleh Bapak Cucu Supriatna, S.H., M.M selaku Kepala Kanwil DJP Kepri. Moderator acara dipandu oleh Bapak Hendi, SE, MM, Ak, CA, CPA, BKP, Asean CPA yang merupakan Ketua UIB Tax & Accounting Center. Adapun narasumber pada webinar ini adalah  Bapak Yudha Wijaya merupakan Koordinator  : Tim Satu Fungsional Penyuluh Pajak KPDJP, Bapak Rumadi merupakan Ketua : Tim Satu Fungsional Penyuluh Pajak KPDJP dan Anggota Tim Satu Fungsional Penyuluh Pajak KPDJP bapak Mohammed Lintang Theodikta, Dwi Langgeng Santoso, dan Muhammad Iqbal Rahadian Syaefudin.

Kesadaran membayar pajak perlu disosialisasikankan dari berbagai level baik usia, pekerjaan, gender, khususya generasi emas dilingkungan akademi yaitu mahasiswa. Lebih lanjut, warga negara yang taat dan patuh atas pajak direfleksikan sebagai bentuk komitmen atas kontribusi terhadap pembangunan negara dan bangsa. Dengan demikian, perlu dari berbagai kalangan untuk berkolaborasi dalam mensosialisasikan kesadaran dan tanggung jawab terhadap negara.

Kesadaran membayar pajak dapat melibatkan civitas akademika dari universitas dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) selaku representasi pemerintah. Mahasiswa dan dosen mempelajari ilmu perpajakan dan mengembangkannya untuk dapat disampaikan kepada masyarakat, demikian pula halnya dengan DJP. Bahkan, DJP dan civitas akademika dapat berkolaborasi bersama untuk menjangkau masyarakat secara lebih luas dalam membangun kesadaran dan tanggung jawab terhadap negara.