Prodi Akuntansi Universitas Internasional Batam (UIB) dan UIB Tax & Accounting Center bekerja sama dengan kantor wilayah Direktorat Jenderal Pajak Indonesia (DJP) Kepulauan Riau mengadakan webinar Program Pengungkapan Pajak Sukarela (PPS). Webinar dilaksanakan pada hari Kamis, 23 Juni 2022, pukul 14.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB. Webinar ini dilaksanakan secara online dengan media Zoom Meeting. Peserta webinar berasal dari dosen UIB, mahasiswa UIB, mitra UIB, serta peserta umum.

Dalam bidang perpajakan, DJP melaksanakan program Pengungkapan Pajak Sukarela (PPS). Program ini merupakan kesempatan yang diberikan kepada Wajib Pajak untuk mengungkapkan kewajiban perpajakan yang belum dipenuhi secara sukarela melalui pembayaran PPh (Pajak Penghasilan) berdasarkan pengungkapan harta. Webinar ini diselenggarakan karena program PPS yang masih terdengar asing oleh masyarakat umum.

       

Webinar ini dibuka dan dipandu oleh Ibu Mariska Ramadana, S.Ak selaku moderator yang juga merupakan dosen dan staf Prodi Akuntansi UIB. Selanjutnya, kata sambutan di berikan oleh Ibu Ria Karina, SE., MM selaku Dekan Fakultas Bisnis dan Manajemen UIB dan Bapak Sofian selaku Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Kepri. Inti webinar yaitu penyampaian materi dipaparkan oleh Bapak Suyamto S.I.P MM.,

“Program PPS ini akan berakhir pada 30 Juni 2022” Ujar Bapak Suyamto S.I.P MM., selaku narasumber. Dengan adanya webinar ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan peserta webinar mengenai program DJP yaitu program Pengungkapan Pajak Sukarela (PPS) dan meningkatnya kesadaran serta kepatuhan para wajib pajak untuk dapat membayar kewajiban pajaknya secara tepat waktu khususnya di lingkungan UIB maupun di lingkungan masyarakat umum.