Batam, 17 Maret 2021 UIB Accounting and Tax Center (U-TAC) yang dikoordinasi di bawah Program Sarjana Akuntansi dan Direktorat Jenderal Pajak Kepri menyelenggarakan “Workshop Pengisian SPT Tahunan”. Pemahaman pengisian dan pelaporan SPT Tahunan diharapkan adanya peningkatan kepatuhan wajib pajak dan penerimaan pajak. workshop yang diikuti oleh 54 peserta ini berlangsung selama 4 jam yang dimulai pukul 13.00-16.00. Adapun narasumber pada webinar ini adalah  Bapak Sofian, S.E., M.M merupakan Kepala Bidang P2Humbas Kanwil DJP Kepulauan riau dan Indra Nurhafidh Hikmat A. Md. Ak. selaku Instruktur (P2Humas) Kanwil DJP Kepri. Pelatihan  ini dipandu oleh Bapak Widijaya, SE., MM., Dosen PS Akuntansi UIB sebagai Moderator.

Saat ini, SPT Tahunan dalam sistem perpajakan menggunakan e-filing yakni wajib pajak menyampaikan perhitungan perpajakannya secara online dengan menganut self-assessment system. Rangkaian perhitungan pajak dimulai dari menghitung sendiri besaran pajak terutang sesuai dengan tarif pajak yang berlaku, membayarkan besaran pajak terutang, kemudian wajib pajak melaporkan secara mandiri melalui DJP Online.

Jika wajib pajak tidak menyampaikan SPT tepat pada waktunya, maka wajib pajak akan dikenakan sanksi administrasi yaitu berupa denda. Hal ini berlaku untuk seluruh jenis wajib pajak yakni wajib pajak orang pribadi atau badan. Selain itu, jika wajib pajak menyampaikan isi SPT yang tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya, maka wajib pajak dapat dikenakan sanksi pidana. Dua hal tersebut dikenal sebagai penghindaran pajak atau tax avoidance. Dua hal tersebut juga termasuk perbuatan yang melanggar undang-undang perpajakan.

Lampiran-Dokumentasi

Pemenang Doorprize